All for Joomla All for Webmasters
Artikel

Waspadai Kolesterol Tinggi Penyebab Stroke dan Serangan Jantung

 

Hindari mengkonsumsi makanan berlemak            

Gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol memang tetap dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika jumlah-nya berlebihan tentu dapat membuat organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan optimal. Seperti halnya kolesterol jahat atau LDL yang dapat membentuk lapisan di dalam dinding pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih sempit, akibatnya sel-sel dalam darah tidak dapat mengalir dengan lancar.

Kolesterol  merupakan zat berwarna putih seperti lilin, terdapat dalam darah dan sel tubuh manusia.  Fungsinya  untuk membantu pertumbuhan sel, melindungi organ-organ yang terdapat dalam tubuh, dan membantu penyerapan nutrisi dan produksi hormon.  Sebanyak 80 persen kolesterol berasal dari dalam tubuh (endogen) yang diproduksi oleh hati, dan 20 persen berasal dari luar tubuh (exogen) yakni dari daging, telur, mentega, goreng-gorengan, serta makanan lainnya yang mengandung lemak.

 

Oleh karena itu mencegah agar kolesterol tidak menjadi tinggi harus dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut ini adalah penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kolesterol yang tinggi, yaitu:

1. Jantung koroner

Tingginya kadar kolesterol dapat memicu penyakit jantung koroner, bahkan sekaligus dapat meningkatkan timbulnya serangan jantung. Karena kadar kolesterol tinggi membuat pembuluh darah menyempit dan mengeras. sehingga dapat memperlambat alirannya menuju jantung. Serangan jantung terjadi jika pembuluh darah benar-benar tersumbat. Olahraga dan mengkonsumsi makanan tinggi serat adalah alternatif terbaik untuk mencegah jantung koroner.

 

 2. Stroke

Anda semua pasti sudah memahami akan penyakit ini, seperti halnya penyakit jantung, penyakit stroke juga dapat timbul karena terganggunya aliran darah. Penyempitan pembuluh darah dapat diakibatkan karena tingginya kadar kolesterol. Sehingga darah yang seharusnya membawa oksigen dan sejumlah nutrisi tidak bisa mengalir menuju otak dan akibat fatalnya adalah terjadi serangan penyakit stroke secara mendadak.

 

3. Penyakit darah tinggi atau hipertensi

Mencegah kolesterol berlebihan di dalam tubuh berarti anda dapat mencegah penyakit darah tinggi. Karena disaat pembuluh darah menjadi sempit yang dikarenakan plak-plak kolesterol, maka berakibat jantung bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah. Akibat dari aktivitas ini maka tekanan darah ikut menjadi tinggi dan berakibat pada komplikasi penyakit lainnya. Alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi buah atau kacang-kacangan yang mengandung rendah kalori dan tetap berolahraga secara teratur

                Kolesterol ada yang baik dan ada yang jahat. Kalau yang baik disebut High Density Lipoprotein –HDL, dan yang jahat disebut Low Density Lipoprotein-LDLKalau HDL berfungsi mengembalikan LDL ke dalam hati untuk disimpan. Sedangkan LDL sifatnya mempercepat proses aterosklerosis pada dinding pembuluh darah yang menimbulkan pembentukan plak atau kerak. Akibatnya mempersempit atau menyumbat  peredaran darah ke seluruh tubuh. Kalau itu terjadi, maka timbullah PJK dan Stroke.

                Orang yang cenderung terserang PJK dan Stroke, antara lain  :

  • perokok dan peminum alkohol berlebihan,
  • Dislipidemi
  • hipertensi,
  • diabetes mellitus,
  • obesitas,
  • kurang aktivitas pisik
  • faktor trombogenik.

Makanan yang diperlukan untuk menurunkan kadar kolesterol

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan kadar kolesterol tetap berada pada batas yang normal, sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung lemak trans. Lemak seperti ini dapat anda temui pada makanan yang digoreng, makanan ringan seperti biskuit, dan juga margarin.

smudgy